where are you??

Friday 22 January 2010

Bikin Blog

Karena banyak yg bertanya tentang apa itu blog, maka agar lebih praktis saya tuliskan saja di sini info dasar blog bagi pemula. Tulisan ini berdasarkan cara pandang saya melihat teknologi blog yg sekarang lagi tumbuh pesat diminati tidak hanya kalangan awam, tapi juga mulai merambah ke kalangan intelektual dan akademisi serta selebritis Indonesia. Di luar negeri, blog sudah berkembang sejak lama. Kita saja yg memang suka ketinggalan.

1. Apa itu blog?

Blog adalah situs pribadi. Berbeda dg website yg setiap memposting harus susah payah memakai kode ekstensi .html .php, .asp, dll, blog merupakan otomatisasi dari semua ekstensi tsb. Sehingga karena sudah diotomatisasi, maka kita-kita semua yg lugu teknologi menjadi ostosmastis dapat memposting apa yg kita inginkan persis seperti kita memposting email ke teman atau ke milis.

Dan karena kemudahan inilah, maka semua orang yg tahu internet dapat membuat blog atau situs pribadi; sama halnya dg memiliki email. Tak heran apabila pemilik blog bervariasi : mulai dari pembantu rumah tangga, ibu rumah tangga, tukang jualan sayur di pasar baru, anak-anak yg "sholeh & cerdas" di SMPIT TBZ, sampai profesor dan menteri-menteri.

2. Bagaimana cara membuat blog?

Seperti halnya email, buat account dulu di free blog provider (pemberi hosting/domain blog gratis). Yg paling populer adalah http://www.blogger.com. Bagi Anda yg sudah agak melek-huruf teknologi bisa juga buat account di http://www.wordpress.com dan http://blogsome.com. Selain yg dua ini masih banyak penyedia blog gratis yg bisa Anda ketahui kemudian. Ikuti pentunjuk step-by-step ketika mendaftar.

3. Setelah selesai register/sign-up di http://blogger.com, anda dapat mulai memposting/mempublish apapun yg Anda inginkan di blog: mulai dari curhat, puisi, cerpen, tulisan serius sampai yg canda.

Bikin blog itu gampang, seperti layaknya bikin email. Syaratnya kita bisa mempunyai blog: harus punya account email dulu, terserah mau di Yahoo, di Gmail, dsb. Kali ini, kita coba yg paling banyak digunakan aja, bikin blog di blogger.com (atau disebut juga blogspot) seperti blog ini. Ikutin aja langkah-langkah berikut.

Bagi yang user baru (yg register setelah tgl 10 Nov 06 hingga tulisan ini diedit), registernya bisa menggunakan account Gmail yg sudah dimiliki, atau register dengan email yang sudah dimiliki yg nantinya bisa untuk account Gmail. Sejak 10 Nov 06 telah ada blogger new version/beta. Ikuti saja langkah2 berikut.

1. Buka browser kita, lalu ketik alamat www.blogger.com. Nah kita akan menjumpai tampilan seperti di bawah ini.

1.a.= jika sudah registrasi, kita bisa login di sini. Sign in to Blogger (utk pengguna blogger lama) atau Sign in to blogger in beta (utk pengguna blogger new version/beta).

1.b.= klik bagian ini jika belum registrasi.

2. Klik pada poin 1.b, 'Create Your Blog Now'.

3. Isi form di bawah ini dengan lengkap.

Jika kita punya account Gmail dan ingin register menggunakan itu, klik di bagian tanda (a), lalu kita harus login menggunakan username dan password mail kita.
Tapi jika kita ingin menggunakan account email yang lain (Yahoo misalnya), isi form di bagian (b) dengan lengkap.

* email address: alamat email kita yang valid, misal namaku@yahoo.com.
* password, isikan pasword yang kita pilih.
* display name: nama yang akan muncul di tiap postingan.
* word verification: isikan kode yang muncul di gambar.
* centang bagian "I accept...."

4. Setelah poin 3 di atas berhasil, kita akan menemui halaman seperti di bawah ini. Langkah selanjutnya ini gunanya untuk menamai blog kita.

* Blog Title, Judul Blog.
* Blog Address (URL), Alamat Blog.
* Setelah nulis alamat, klik 'Check Availability', jika available maka kita bisa menggunakan alamat tsb. Jika tidak, pilih nama lain.
* Word Verification, ketik huruf kode yang muncul di browser.

Lalu klik 'Continue'. Jika gagal, coba cek kembali alamat blog yang kita masukkan, dan coba dengan yang lebih unik.

5. Next: memilih template. di Blogspot sudah tersedia beberapa tampilan layout yang bisa kita gunakan. Memang sih masih sederhana dan biasa aja, tapi nantinya bisa diganti kok.
Pilih salah satu yg ingin kita gunakan dengan klik di bagian bulatan (radiobutton), lalu klik 'Continue'.

Selanjutnya, blog kita tersebut akan diproses, sabar saja kalau agak lama (terutama jika koneksinya lelet). Kalo udah sukses, akan ada pemberitahuan di situ: 'Your blog has been created'.

Lalu klik 'Start posting' untuk mulai menulis.

Mulai lah menulis postingan pertama. Di blogger beta kita bisa mengisi bagian 'Label' yang fungsinya seperti kategori. Jika telah selesai menulis, klik 'Publish'.



Sudah jadi deh blog kita ^^
Mudah, kan :)

sumber : http://www.bagusbisa06.blogspot.com

No comments:

Post a Comment